- Back to Home »
- pendidikan , Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kelengkapan Fasilitas Yang Ada »
- Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kelengkapan Fasilitas Yang Ada
Posted by : Eka
Kamis, 27 November 2014
Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap
Kelengkapan Fasilitas Yang Ada
Pendidikan
merupakan salah satu sarana dan prasarana yang ada untuk memajukan dan
meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah harus lebih memberikan perhatian terhadap pendidikan,
sejak dari Taman Kanak-kanak sampai jenjang Perguruan Tinggi khususnya.
Sehingga Bangsa Indonesia mampu mengikuti pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi agar dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lain.
Pada umumnya,
siswa, orang tua serta guru pasti menginginkan prestasi belajar yang baik.
Keberhasilan peserta didik dalam proses pendidikan juga dipengaruhi oleh
berbagai macam faktor, diantaranya Faktor dari dalam diri peserta didik antara
lain :
1. kecerdasan,
2. bakat,
3. minat,
4. motivasi,
5. disiplin diri,
6. kepribadian,
7. kemandirian dan
8. kepercayaan
diri
Sedangkan dari luar diri peserta didik antara lain :
1. lingkungan sekolah,
2. keluarga,
3. fasilitas belajar,
4. laboratorium,
5. perpustakaan,
6. lingkungan
masyarakat dan lain sebagainya.
Motivasi
berprestasi memiliki peranan penting sebagai salah satu faktor yang berasal
dari dalam siswa yang menentukan keberhasilan dalam meraih prestasi belajar.
Yang dimaksud motivasi berprestasi adalah “ suatu dorongan yang terdapat dalam
diri siswa yang selalu berusaha atau berjuang untuk meningkatkan atau
memelihara kemampuannya setinggi mungkin dalam semua aktivitas dengan
menggunakan standar keunggulan” (Heckausen dalam Djaali, 2006 : 103). masih
banyak lagi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, namun keberhasilan
siswa dalam belajar tidak lepas dari faktor motivasi untuk berprestasi.
Sebagaimana diungkapkan oleh Bruner dalam Djaali (2006 : 106) bahwa “siswa
dengan tingkat motivasi berprestasi tinggi, cenderung untuk menjadi lebih
pintar sewaktu mereka dewasa”.
Keberhasilan
belajar seorang siswa juga dipengaruhi oleh fasilitas belajar yang ada, baik di
sekolah maupun di rumah. Fasilitas belajar yang memadai akan mendukung siswa
dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal. Fasilitas belajar menurut
Arianto (2008) adalah: Fasilitas dalam dunia pendidikan berarti segala sesuatu
yang bersifat fisik maupun material, yang dapat memudahkan terselenggaranya
proses belajar mengajar, misalnya tersedianya tempat perlengkapan belajar di
kelas, alat-alat peraga pengajaran, buku pelajaran, perpustakaan, berbagai
perlengkapan pratikum loboratorium dan segala sesuatu yang menunjang
terlaksananya proses belajar mengajar.
Keadaan keluarga
yang berbeda-beda juga menentukan bagaimana dan sampai dimana proses belajar
yang dialami dan prestasi yang dicapai oleh anak-anaknya. Hal ini berkaitan
dengan pemenuhan fasilitas belajar di rumah, dengan tersedianya fasilitas yang
menunjang untuk belajar siswa, diharapkan dapat memperlancar proses belajar
siswa yang pada akhirnya mencapai prestasi belajar yang memuaskan.
Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai, siswa akan lebih
mudah dalam mengerjakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan mata
pelajaran dan tugas-tugas sekolah. dengan adanya fasilitas belajar yang lebih
lengkap maka diharapkan siswa akan lebih maju dalam belajar dan akan mencapai
prestasi yang maksimal.
Tersedianya
fasilitas belajar terutama pada lingkungan sekolah yang lengkap disertai
pemanfaatan yang maksimal oleh siswa akan membantu mengembangkan pengetahuan
dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun, apabila fasilitas yang telah
tersedia tidak dimanfaatkan secara maksimal karena adanya berbagai
keterbatasan, misalnya: ketidakmampuan mengoperasikan berbagai media atau alat
bantu belajar yang modern, maka berbagai fasilitas belajar yang tersedia di
rumah tidak akan memberikan sumbangan yang besar terhadap prestasi belajar
siswa.
Dengan adanya
fasilitas belajar yang memenuhi dan dapat mendukung kegiatan belajar siswa,
maka siswa akan merasa lebih nyaman dan merasa mudah untuk belajar, khususnya
adalah fasilitas belajar siswa yang ada dirumah. Jika pemenuhan fasilitas
belajar siswa telah terpenuhi, maka siswa akan meningkatkan prestasi
belajarnya.
Dengan demikian
maka, kelengkapan fasilitas yang ada sangat mempengaruhi motivasi belajar
siswa. Sehingga lengkapnya fasilitas juga sangat mempengaruhi dengan prestasi
belajar yang dihasilkan para siswa yang ada.